Friday, March 15, 2019

Ahli dan Cakap Melakukan Sesuatu

Kalau mau pintar, jangan takut pada apapun dan siapapun.
Kunci untuk menjadi seorang ahli adalah BERANI.

***

Ketika dihadapkan pada sesuatu hal yang besar, kerap kali kita menjadi takut dan dihinggapi rasa cemas. Pertanyaan-pertanyaan yang mengundang jawaban negatif pun bermunculan. Bisakah saya melakukannya dengan baik? Mampukah saya membuat desain yang bagus? Tidakkah saya akan jatuh ketika berada di panggung? Baguskah suara saya ketika berbicara di depan beberapa orang pendengar? dan lain lain. 

Otak kita disibukkan dengan hayalan-hayalan yang sebenarnya tidak pernah kita inginkan. Hal ini menyebabkan kefokusan pikiran kita tertuju pada hal-hal buruk yang mungkin terjadi, bukan pada hal-hal yang harus kita lakukan agar semuanya berjalan dengan lancar dan baik. Ketakutan menjadi beban berat tersendiri bagi pemikulnya, kecuali mereka yang berhasil melemahkan atau bahkan menghilangkan ketakutan tersebut, karena seperti ungkapan yang kerap kali terdengar bahwa "tidak ada yang perlu ditakutkan selain ketakutan itu sendiri". Tidak perlu jauh-jauh untuk mengambil contoh. Kita sebut saja Albert Enstein, Thomas Edison, B.J Habibie dan orang-orang hebat lainnya. Bukannya  mereka tidak memiliki rasa takut, karena rasa takut itu pasti mampir pada setiap pribadi orang, cuma yang membuat berbeda adalah karena mereka telah berhasil menaklukan ketakutan yang ada pada diri mereka sehingga akhirnya keberhasilan dengan bangga mereka tuai. 

Jadi kesimpulannya adalah, ketika hendak melakukan sesuatu,  jangan sampai kita terhalang oleh sebuah rasa negatif yang kita ciptakan sendiri dengan tambahan imaji-imaji yang buruk. Kalau baru mulai bekerja saja kita sudah berpikiran jatuh, lalu bagaimana kita hendak maju?. Lalu, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Tentunya anda tidak perlu berpikir terlalu lama bukan? Karena jawabannya sudah pasti, yakni memerangi rasa takut melakukan hal yang positif.

by. Reni Tania
Di Tanah Lombok
Terinspirasi oleh Pak guru Rizal Alpian

No comments:

Post a Comment