Friday, March 15, 2019

Seputar Farmasi

Pada hari Selasa, 17 September 2013 yang lalu saya mengunjungi perpustakaan kampus II Universitas Muhammadiyah Malang untuk yang pertama kalinya. Mata saya langsung tertuju pada sebuah majalah MEDISINA Edisi 15/Vol. V/Maret2012-Mei2012. Tanpa ragu saya langsung membongkar lembar demi lembar majalah MEDISINA tersebut. Ada beberapa hal penting yang harus diketahui oleh seorang Apoteker, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman. Pengetahuan tersebut sangat membantu bagi saya yang seorang pemula. 

Berikut beberpa hal yang saya tangkap ketika membaca majalah MEDISINA.
  • Komite FarmasiNasional (KFN) memiliki harapan besar bagi Apoteker. Ketika seorang pasien datang membawa resep, Apoteker membaca resep tersebut dan memberikan informasi tentang resep tersebut. Apoteker diharapkan untuk melakukan tugas itu sendiri dan tidak menugaskan Asisten Apoteker untuk mengerjakannya. Apoteker/Farmasis diharapkan mengerjakan tanggung jawab dengan semaksimal mungkin. Karena banyak kasus ditemukan, ketika seorang pasien datang membawa resep dan ingin berkonsultasi dengan apoteker, apoteker malah tidak ada di tempat. Yang ada di apotek tersebut hanyalah asisten apoteker. Hal ini yang disesalkan oleh KFN sehingga menghimbau para Apoteker untuk mengerjakan tugas pokok, yakni melayani pasien dengan sebaik-baiknya.
  • Ketika berpindah ke lembaran berikutnya, mata saya dipertemukan dengan Sejarah Farmasi di Indonesia. Artikel tersebut banyak membahas beberapa tokoh yang memiliki andil besar dalam perkembangan kefarmasian di Indonesia. Sebut saja Drs. Hartono. Beliau adalah orang pertama yang meraih gelar Apoteker setelah masa kemerdekaan. Beliau sangat berpengaruh dalam dunia ke-apoteker-an di Indonesia. Namanya pun tercetak di berbagai Media pada masa itu.
  • Ada sebuah Apotek bernama Apotek Jaya Abadi. Di apotek tersebut pasien dapat menawar harga obat. Terlepas dari letak apotek yang berada di dekat pasar, tindakan sang Apoteker ini patut dicontoh. Betapa beratnya dunia sekarang yang meminggirkan rasa kemanusiaan. Hal yang paling penting dan kritis pun dapat dilupakan. Berita tentang apotek jaya ini seakan membawa angin segar di dunia kefarmasian Indonesia. 
  • Selanjutnya ada beberapa singkatan yang saya rasa perlu diketahui para pemula yang berkecimpung di dalam dunia kefarmasian yang diantaranya sebagai berikut :
    • NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif)
    • SOP (Standard Operating Procedure)
    • STRA (Surat Tanda Registrasi Apoteker)
    • IAI (Ikatan Apoteker Indonesia)
    • SIPA (Surat Idzin Praktik Apoteker)
    • SIKA (Surat Idzin Kerja Apoteker)
    • ISFI (Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia)
Nah, pembaca sekalian itulah beberapa pengetahuan yang saya dapatkan ketika asal membaca salah satu majalah yang ada di perpustakaan UMM. Saya jadi mendapatkan penerangan, bahwa sesuatu yang tidak sia-sia ketika dikerjakan secara tidak sengaja/tidak serius pada awalnya namun membawa kita pada keseriusan itu sendiri adalah MEMBACA. Jadi jangan ragu untuk sering-sering membaca di website ini, heheheeh (ambil kesempatan dalam kesempitan). Happy reading guys..... ^_^

No comments:

Post a Comment