Friday, March 15, 2019

Orang Sukses itu Punya Ciri

           Pada dasarnya semua orang sama. Orang sukses pun tak mengelak bahwa dirinya adalah manusia biasa. Namun, apa yang menjadikannya memiliki nilai lebih? Apa yang menbuatnya menjadi sosok yang tidak biasa? Berikut adalah gambaran sederhana tentang orang sukses yang saya rangkum dari potongan-potongan puzzle yang terbentuk dari beberapa sumber bacaan.

  1. Orang sukses memiliki motivasi yang besar dan kuat di dalam dirinya. Motivasi berupa keinginan yang kuat maupun kata-kata positif yang membuat semangatnya tak pernah mati.
    Contoh  :
    Lucky S. Slamet (Kepala Badan POM Indonesia) berkata "Melihat hambatan sebagai tantangan".
  2. Orang sukses selalu berpikir positif.
    Bukannya tidak ada pikiran negatif yang mengajaknya berteman, hanya saja dia dapat memilih dengan baik dan bijak. Dia handal dalam mengendalikan diri sendiri. Istilahnya, orang sukses kebanyakan memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Hal ini menyebabkan ketika ia dihadapkan pada suatu masalah, ia akan memilih untuk melihat solusi bukan kesalahan ataupun mencari kambing hitam.
  3. Orang sukses punya Target dan Mimpi yang tidak biasa.
    Mereka berani meninggalkan zona aman hidupnya demi menjawab sebuah tantangan. Ia tak pernah takut dikritik. Jika kritik tersebut dapat membangun dirinya, ia akan mendengarkan kemudian berbenah diri. Namun, jika kritik itu layaknya seekor nyamuk yang hanya bisa mengganggu, ia akan lebih memilih mengabaikannya beserta orang yang ia anggap hanya dapat mengeong di tempat. Intinya adalah tinggalkan kritik yang tidak membangun dan hanya memiliki misi menjatuhkan. Bertemanlah dengan kritik yang punya etika dan bersifat membangun.
  4. Orang sukses senantiasa bersemangat.
    Ia akan merasa rugi jika bermalas-malasan. Seperti yang dikatakan Fauzil Adhim dalam bukunya "Inspiring Word For Writers", yakni *Para pemalas menggunakan mood sebagai alasan untuk tidak bertindak. Para idealis bertindak mengendalikan mood untuk menghalau kemalasan*.
  5. Bagi para pemimpi, takut gagal itu tidaklah ada. Ketakutan terbesar bagi mereka justru tidak memiliki mimpi. Kita dapat mengetahui hal ini dengan membaca novel Sang Pemimpi karangan Andrea Hirata ataupun Negeri 5 Menara karya A. Fuadi.
          Pada buku Takut Kenapa Takut karya Hasan Musa Es Shaffar dijelaskan bahwa obat penawar yang paling mujarab dari kegagalan ialah hendaknya kita tidak takut pada kegagalan itu. Hal ini yang dipegang erat oleh para orang sukses. Tentu saja jika mereka takut maka mereka tidak akan sukses bukan? Mereka akan berpikir puluhan kali untuk takut pada kegagalan. Maka, ambil resiko dan berpikirlah secara Out Of The Box.
  6. Dekat dengan sang pencipta. Rajin beribadah yang akan membawanya tenang dalam bersikap dan mengambil tindakan. Selalu ikhlas, bekerja keras, pantang menyerah, sabar serta tawakal.
Itulah beberapa gambaran sederhana mengenai ciri dan sifat khas yang ada pada diri seseorang yang sukses.

No comments:

Post a Comment